Pengembangan Prototipe Bahan Ajar Mata Kuliah Menyimak Berbasis Audiovisual (Prototype Development of Teaching Materials Listening to Audio-Visual Based)

Asri Wijayanti, Firstya Evi Dianastiti

Abstract


Kebutuhan bahan ajar menyimak yang dilengkapi dengan latihan dan tugas menjadi hal penting untuk mendukung kemampuan menyimak. Penelitian ini bertujuan menjelaskan kebutuhan bahan ajar menyimak berjenis audiovisual dan penyusunan prototipenya bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Data penelitian ini adalah bahan ajar dan desain prototipe bahan ajar menyimak yang dikumpulkan dengan metode angket. Penelitian ini berjenis research and development, yaitu mengembangkan bahan ajar berjenis audiovisual pada mata kuliah menyimak. Analisis data menggunakan teknik analisis dokumen sehingga diperoleh model prototipe bahan ajar yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan bahan ajar yang dilengkapi dengan tugas dan latihan. Agar memiliki pengalaman menyimak langsung, dibutuhkan bahan ajar berjenis audiovisual. Pada aspek penyajian, mahasiswa membutuhkan bahan ajar yang mencantumkan tujuan pembelajaran secara runtut. Pada aspek keterbacaan, mahasiswa membutuhkan bahan ajar yang ditulis dengan kalimat efektif berupa kalimat tunggal. Mahasiswa membutuhkan buku dengan sampul berwarna cerah dan mencolok agar membangkitkan semangat belajar.

 

The needs of teaching materials that are equipped with exercises and tasks are important to support listening skills. This research aims to explains the important of listening teaching materials audiovisual type and compiles the prototype for students in Indonesian Language and Literature Education. The data are the important of the teaching materials and the prototype design using questionaire methods. This is a research and development type, which is developing audiovisual type teaching materials on the courses of the listening subjects. Data analysis used document analysis techniques so that the prototype model of the proper teaching materials is obtained. This research indicates that teaching materials that are equipped with assignments and exercises is required. In order to have direct listening experience, audiovisual type teaching materials are needed. In the aspect of presentation, students need teaching materials that include learning objectives by coherently presented. In the aspect of readability, students need teaching materials written in effective sentences with a single sentence. Students need books with brightly colored and conspicuous covers to arouse learning enthusiasm.


Keywords


prototipe; bahan ajar; audiovisual; mata kuliah menyimak

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Materi Pembelajaran SMP. Jakarta: Depdiknas.

Farihah, Siti. 2012. Pengembangan Materi Ajar Menyimak Informasi Berbasis Budaya melalui Tuturan Langsung dalam Bentuk CD Interaktif untuk Siswa SMA. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Nurani, Nugraha dan Sidik. 2018. “Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng di Era Digital” yang diterbitkan Eduhumaniora. Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 10 No. 2. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hartono, Bambang. 2008. Bagaimana Menyusun Buku Pelajaran (yang Bermutu). Semarang: Unnes.

Nunan, David. 2005. Practical English Language Teaching. Singapore: MCGraw Hill Companies, Inc.

Pusat Perbukuan. 2003. Standar Penilaian Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakata: Depdiknas.

Rost, Michael. 2002. Teaching and Researching Listening. Edinburgh: Pearson Educational Limited.

Subyantoro dan Bambang Hartono. 2003. “Pengembangan Kemampuan Berbahasa Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan, Berbicara, Membaca, dan Menulis”. Disampaikan pada Pelatihan Terintegrasi Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi Tahun 2003. Universitas Negeri Semarang.

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono, Eko Iman. 2014. “Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Multimedia Interaktif dalam Model Belajar Mandiri untuk Sekolah Menengah Pertama”. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3 Nomor 2. ISSN 2301-6744.

Sutari, Ice, Tiem Kartimi, dan Vismaia. 1994. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Menyimak: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Sinar Baru Algesindo.




DOI: https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v15i2.395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JALABAHASA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JALABAHASA INDEXED BY:

   

 ________________________________________________________________________________________________________

@2017 Jalabahasa (e-ISSN 2615-6032, p-ISSN 1858-4969)

Balai Bahasa Jawa Tengah

Jalan Elang Raya 1, Mangunharjo, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50272

Telepon 024-76744357, 76744356; Faksimile 024-76744358; Pos-el  jalabahasa.bbjt@gmail.com

Powered by OJS

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.